KEMERDEKAAN ADALAH EKSPRESIKAN SEGALA POTENSI

Oleh Muhammad Julijanto

Makna kemerdekaan bagi buruh adalah upah minimum yang mampu mencukupi segala kebutuhan dasar hidup di tengah masyarakat dan budaya Indonesia. Dimana tidak hanya dapat memenuhi sembilan kebutuhan pokok yang dapat menopang kehidupan secara jasmani, tetapi juga dapat memenuhi kebutuhan rohani maupun spiritual seperti menunaikan ibadah haji bagi yang muslim dan berkunjung ke tempat-tempat suci bagi agama lain. Dapat memenuhi kebutuhan sosial seperti kenduri, jagong, besuk orang sakit, melayat dan lain sebagainya sebagai makhluk sosial. Dapat menyekolahkan anak-anaknya hingga tuntas program pendidikan wajib belajar sembilan tahun. Bahkan kalau bisa menyekolahkan anak hingga pendidikan tinggi. Itulah makna kemerdekaan bagi buruh. Tunjungan kesehatan diberikan ketika mereka benar-benar membutuhkan. Keselamatan kerja diperioritaskan, karena pada dasarnya buruh adalah aset sumber daya manusia bagi perusahaan yang harus diperhatikan dan dilindungi hak-haknya untuk mendukung kesusksesan usaha.
Makna kemerdekaan bagi petani, harga benih terjangkau dan ada barangnya, kualitasnya baik, harga pupuk terjangkau dan tersedia barangnya. Mampu meningkatkan produksi seoptimal mungkin. Lahan pertanian tersedia dan mendapat aliran air irigasi yang mampu menjangkau semua areal pertaniannya. Sehingga mereka bisa berproduksi dengan memanfaatkan lahan, kualitas bibit yang baik dan sistem pertanian modern. Setalah masa tanam dan pemerliharaan kini sampai pada masa mengetam-panen. Pada masa panen produksi sangat melimpah, sehingga antara kualitas produk dengan harga sesuai, atau paling tidak hasil panen mencerminkan harga komposisi yang terdiri dari total semua biaya produksi yang meliputi benih, pupuk dan biaya operasional/biaya produksi.
Jika panen melimpah. Namun juga pada saat yang sama datang komoditas impor membanjiri pasar, maka menyebabkan harga menjadi turun. Yang akhirnya hasil panen susah terjual. Kalau mampu menjual pun harganya rendah dan tidak mencukupi biaya operasional dan akhirnya petani merugi. Tidak mampu menanam kembali pda musim yang akan datang. Oleh karena itu ketika musim panen pemerintah melarang adanya impor komoditas yang serupa. Agar petani tidak merugi dan menjadi sejahtera. Mereka menjadi mampu menikmati hasil panen guna meningkatkan kualitas hidup mereka, termasuk pendidikan dan menambah pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pertanian.
Petani juga mampu menyekolahkan anak-anak mereka mengenyam pendidikan yang layak, agar mereka bisa berikari dan menyelesaikan segala masalah yang mereka hadapi. Petani dapat menyekolahkan anaknya bukan karena mereka menjual areal lahan pertanian yang mereka miliki, namun sebaliknya mereka dapat memetik keuntungan dari kualitas dan keunggulan produksi mereka, karena mampu memanfaatkan teknologi pertanian dan manajemen yang baik.
Makna kemerdekaan bagi guru mereka bisa konsentrasi mendidik dan melatih peserta didik dengan profesional tanpa harus memikirkan bagaimana supaya kedil tetap penuh, dapur tetap mengepul mengeluarkan asap, karena kesejahteraan sebagai guru terpenuhi oleh pemerintah sebagaimana amanat kosntitusi anggaran pendidikan 20 % dari APBN. Para guru mengajar dengan menanamkan nilai-nilai, agar peserta didik menjadi manusia berkualitas baik jasmani dan rohaninya, mereka berjuang untu kemperjuangkan agar peserta didik keluar dari lembah kebodonan dan keterbelakangan.
Mereka juga merdeka dalam menyabarkan ilmu pengetahuan dan menanamkan nilai-nilai kemanusiaan, kebangsaan dan keadilan sosial. Para guru membentuk dan membelaki peserta didik agar menjadi genearsi yang beradab, tercerahkan dan mempunyai daya saing mampu menyelesaikan problema hidup yang mereka hadapi. Mereka berjuang melawan kebodohan dan menjadi manusia mandiri dengan berbagai kualitas dan kepribadiaannya. Mereka menjadi mampu merespon segala bentuik perubahan dan mampu memerankan peran yang strategis dalam kompetisi kehidupan.
Makna kemerdekaan bagi anak jalanan. Mereka bisa sekolah sebagaimana teman-teman mereka seusianya., mendapatkan perhatian dan pembinaan agar menjadi manusia mandiri dan mampu berdiri di atas kakinya sendiri. Pemerintah melalui program-program pembangunan hendaknya memprioritaskan pada pengentasan pengiskinan dan keterbelakangan akibat dari pendidikan yang rendah. Melalui program-program pendidikan luar sekolah hendaknya bisa mengcover segala kebutuhan anak sekolah dan anak jalanan menjadi manusia yang berkualitas. Mereka bisa ditampung di panti-panti sosial serta bisa belajar di program pendidikan luar sekolah di lingungan terdekat. Sehingga mereka tumbuh sesuai dengan alam hidup anak-anak masa bermain dan menemukan jati dirinya. Perlindungan dan pemeliharaan anak terlantar sangat jelas termaktub dalam rumah pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesai Tahun 1945, dimana anak terlantar dijamin dan dipelihara oleh Negara.
Kemerdekaan baginya adalah adanya perhaitan dan uluran tangan dari penguasa untuk laksanakan kesejahteraan rakyat.
Makna kemerdekaan bagi generasi muda, mereka mampu ekspresikan segala potensi dan jiwa mudanya secara positif dan bermanfaat. Mereka bisa menggali dan mengembangan potensinya seioptimal mungkin menjadi pribadi yang tangguh secara moral inteletual dan berdedikasi tinggi untuk kemajuan dan kemandirian bangsa. Mereka berkreativitas secara bebas dan menemukan jati dirinya secara positif melaui berbagai evant dan kegiatan yang mendatangkan mafaat bagi generasi muda, melalui berbagai bentuk kegiatan yang mampu memacu kreativitas dan ide-ide orisinil tampil membawakan misi sebagai pencerahan manusia.
Makna kemerdekaan bagi pegawai negeri sipil, mereka menjadi abdi negara yang mengerahkan segala potensi dan dedikasinya untuk kemajuan bangsa dan negara. Mereka telah dibeli oleh negara untuk melayani segala kebutuhan masyarakat. Karena sesungguhnya merekalah yang membayar gaji mereka, oleh karena itu gunakan untuk mengembangkan dan mencapai kemajuan bangsa dan negara. Tenagamu merupakan bentuk pengorbanan menjadi warga negara yang baik sekaligus sebagai pelanjut misi kemerdekaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s