Refleksi Akhir Tahun 2010

Oleh Muhammad Julijanto

Banyak cerita di tahun 2010. Semuanya menjadi kenangan manis dan pahit yang kita rasakan. Daftar kegagalan bukan menjadikan nyali kita ciut dan putus asa, namun sebaliknya menjadi cambuk untuk bangkit, menemukan subtansi dan etos diri. Menemukan mutiara yang terindah dalam diri agar bisa memantulkan spektrum yang memancar disekitar, memberikan manfaat lebih bagi lingkungan, memberikan kontribusi kepada masyarakat luas.

Sebaliknya keberhasilan bukan menjadikan kita sombong, seakan keberhasilan adalah puncak prestasi, padahal perjalanan hidup masih panjang, setiap episode adalah kompetisi berikutnya, hidup terasa indah bila setiap kompetisi kita menjadi juara dan pemenangnya. Kemenangan yang merupakan hasil kerja keras, hasil kerja cerdas, hasil dari kreativitas dan produktivitas. Bukan kemenangan yang kita dapat secara Cuma-Cuma, kemenangan yang semu, gratis dan tanpa proses yang berkeringat. Namun kemenangan yang melalui suatu proses yang melelahkan, proses yang penuh tantangan dan dinamika, proses yang dilalui dengan tekun, sabar, cermat, hati-hati, waspada, proses yang dilalui dengan ketabahan, proses yang dinikmati baik suka maupun dukanya berbuah keberhasilan yang nyata adalah wujud eksistensi kita.

Kemenangan tidak membuat kita lalai akan kewajiban dan hak-hak orang lain. Kemenangan yang membuat kita selalu siap menghadapi setiap tahapan waktu berikutnya menjadi pemenang berikutnya. Kemenangangan yang tidak melalaikan segalanya.

Spirit dan etos kerja yang tinggi, selalu produktif dalam setiap jengkal waktunya untuk kebaikan……………….tatanan yang lebih baik………selamat berjuang meniti tahun berikutnya dengan semangat juara sejati. Sejak awal kelahiran, kita sudah menjadi juara…..akankah juara akan kita sandang berikutnya………tergantung ikhtiarnya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s