Tugas Mahasiswa Persepsi Calon Anggota Legislatif Tahun 2014 Tentang Indonesia yang Dicitakan (Sebuah Studi Biografi Politik)

Persepsi Calon Anggota Legislatif Tahun 2014 Tentang Indonesia yang Dicitakan

(Sebuah Studi Biografi Politik)

Tahun 2014 sebagai tahun politik, dimana akan diselenggarakan pemilihan umum.  Sejauhmana pemilihan umum dipersiapkan dengan baik dan matang, semua tahapan pemilu bisa berjalan dengan baik. Salah satu komponen pemilihan umum adalah tersedianya bakal calon anggota legislatif yang mempunyai wawasan kebangsaan sekaligus kenegarawanan, sehingga akan terpilih sumber insani pembangunan (sumber daya manusia) bisa mencapai kemajuan bangsa dan negara secara dinamis.

Penelitian ini untuk mengetahui ketokohan para calon anggota legislatif di mana mahasiswa tinggal, tentang Bagaimana visi dan misi serta program kerja yang akan mereka jalani dalam membangun daerah atau membangun Indonesia ke depan?, Apa harapan-harapannya dan bagaimana konsep pembangunan masyarakat Indonesia yang dicita-citakan?, upaya-upaya apa yang akan mereka jalankan, Bagaimana cara menyakinkan rakyat akan mengunakan hak pilihnya secara lebih baik (meminimalisir golput dalam pemilu)?, Bagaimana strategi kampanye dalam meraih dukungan masyarakat seluas-luasnya?, Apa kendala yang dihadapi dan bagaimana memecahkan masalah tersebut?. Bagaimana kiat untuk menjadi anggota legislatif yang lebih baik di masa yang akan datang?. Bagaimana tanggapa calon anggota legislatif tentang keterwakilan perempuan 30 % di bidang politik?.

Biografi politik calon anggota legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD Kabupaten/Kota/Provinsi), Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)  yang ada di daerah anda. Identitas calon secara lengkap, wawasan politik, pengalaman politiknya, pendidikan yang pernah dijalankan.

Kerjakan secara berpasangan dengan teman anda yang satu daerah atau daerahnya beredekatan. Kenalkan diri anda sebelum melakukan wawancara dengan calon, dan galin informasi yang sedalam-dalamnya berkaitan dengan masalah perpolitikan baik daerah maupun nasional.

 Sistematika Penulisan Laporan

  1. Pendahuluan, terdiri atas :Latar belakang masalah, Rumusan masalah, Batasan masalahIsi/pembahaan
  2. Pembuktian terhadap masalah yang telah dikemukakan dalam pendahuluan, Uraian dapat berupa argumen‐argumen yang bersifat analisis, sintesis, atau evaluatif terhadap masalah yang ada dalam pendahuluan. Isi merupakan penjabaran secara rinci (analitis) atau pembuktian (sintesis) atau penilaian (evaluasi) terhadap tesis secara rinci, Metode dan pendekatan disesuaikan dengan masalah yang diteliti, Bahasa bersifat asumtif dan argumentatif terhadap pokok bahasan/persoalan, Semua argumentasi harus bersumber dari referensi tertentu dan wawancara tokoh politik di daerah anda
  3. Kesimpulan
    1. Tidak terlalu panjang, dan langsung menyebutkan poin‐poin penting hasil temuan penelitian/pembahasan,
    2. Bahasa yang digunakan harus sistematis, terstruktur, terukur dan jelas,
    3. Sumber rujukan/referensi minimal 5 buku.  
    4. Kalau menggunakan rujukan media online harus jelas, kapan diakses. Harus jelas judul buku/referensi, nama pengarang, nama penerbit, tahun terbit, serta kota tempat penerbitan buku tersebut
    5. Minimal 10 halaman.

Dikumpulkan pada pertemuan ke 10 kuliah Civic Education

Pedoman wawancara

  1. Nama dan identitas calon anggota legislatif
  2. Latar belakang pendidikan
  3. Bagaimana visi dan misi serta program kerja yang akan mereka jalani dalam membangun daerah atau membangun Indonesia ke depan?,
  4. Apa harapan-harapannya dan bagaimana konsep pembangunan masyarakat Indonesia yang dicita-citakan?,
  5. upaya-upaya apa yang akan mereka jalankan,
  6. Bagaimana cara menyakinkan rakyat akan mengunakan hak pilihnya secara lebih baik (meminimalisir golput dalam pemilu)?,
  7. Bagaimana strategi kampanye dalam meraih dukungan masyarakat seluas-luasnya?, Apa kendala yang dihadapi dan bagaimana memecahkan masalah tersebut?.
  8. Bagaimana kiat untuk menjadi anggota legislatif yang lebih baik di masa yang akan datang?.
  9. Bagaimana tanggapan calon anggota legislatif tentang keterwakilan perempuan 30 % di bidang politik?.

hasil tugas mahasiswa di email: tugasmahasiswa_mjulijanto@yahoo.com.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s