MERINDUKAN HUBUNGAN INDUSTRIAL YANG MEMANUSIAKAN

MERINDUKAN HUBUNGAN INDUSTRIAL YANG MEMANUSIAKAN

Oleh Muhammad Julijanto

الحَمْدُ ِللهِ الَّذِى اَمَرَنَا بِالْعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَائِيْتَاءِذِى الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ لِيُخْرِجَنَا مِنَ الضُّلُمَاتِ اِلَى النُّوْرِ وَيَجْعَلَنَا مِنْ خَيْرٍ اُمَّةٍ اُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ. اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهِ وَاحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ, اَفْضَلِ الْخَلْقِ وَ الْمَخْلُوْقَاتِ. اَللَّهُمَّ صَلٍّى عَلَى مُحَمَّدِ وَعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ اَجْمَعِيْنَ اَمَّابَعْدُ.
فَيَااَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوا اللهَ حَيْثُ مَاكُنْتَ وَاتْبِعُوا السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقُوا النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ: اَعُوذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَأْكُلُواْ أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلاَّ أَن تَكُونَ تِجَارَةً عَن تَرَاضٍ مِّنكُمْ وَلاَ تَقْتُلُواْ أَنفُسَكُمْ إِنَّ اللّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيماً -٢٩-
وقَالَ وَرَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ : عَنْ اَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: “لَيْسَ بِخَيْرِكُمْ مَنْ تَرَكَ دُنيَاهُ لِاَخِرَتِهِ وَلاَ اخِرَتَهُ لِدُنيَاهُ حَتَى يُصِيْبَ مِنْهُمَا جَمِيْعًا, فَاِنَّ الجُّنْيَا بَلَاغٌ اِلَى الاَخِرَةِ, وَلاَ تَكُونُوْا كَلًّا عَلَى النَّاسِ”. رواه ابن عساكر.
Jamaah Jum’ah Rohimakumullah
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala nikmat dan karunia-NYA yang tak terhingga kepada kita sekalian semoga kenikmatan tersebut dapat kita daya upayakan semaksimal mungkin untuk kemaslahatan dan kemanfaatan di dunia ini.
Sholawat serta salam kita haturkan untuk Baginda Rasulullah Muhammad Saw atas segala suritauladan dan ajarannya, sehingga kita dapat menikmati keindahan dan keagungan serta ketentraman hidup di dunia terutama upaya mewujudkan Islam sebagai rahmatan lil ‘alamin dengan cara bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Marilah kita saling berwasiat tentang iman dan takwa kepada Allah Swt. Sebab iman dan takwa adalah kunci sukses mengarungi samudera kehidupan. Dengan mentaati perintah dan menjauhi larangannya. Semoga samakin hari keimanan dan ketakwaan kita semakin baik.
Jama’ah Jum’ah Tamu undangan Allah yang berbahagia
Kemarin kita memperingati hari buruh internasional. Buruh merupakan aset yang luar biasa bagi perusahan, buruh merupakan komponen sumber daya manusia yang harus dimuliakan dan dihormati hak-hak politik dan sosialnya dalam kehidupan sosial.
Seiring dengan keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan dan pengusaha, buruh menjadi penopang utama yang menjalankan sistem dalam perusahaan tersebut, sehingga menjadi tanggung jawab dan kewajiban mutlak perusahaan untuk memperhatikan keberadaan dengan pemenuhan berbagai kebutuhan dasar dan hak-hak sebagai buruh maupun karyawan.
Masalah
Apa yang dihadapi oleh buruh dalam perjuangan hak-hak buruh berdasarkan peraturan perundang-undangan yang terbaru beserta konvensi yang sudah dirativikasi Indonesia dan hal tersebut merupakan standar kesejahteraan buruh dalam memenuhi hajat kehidupannya?. Bagaimana pandangan agama Islam dalam persoalan perburuhan dan hubungan muamalah yang benar berdasarkan hak-hak asasi manusia?. Bagaimana hubungan mualamah yang dituntunkan oleh ajaran Islam, sehingga nilai-nilai ajaran Islam bisa memberikan pencerahan dan solusi di tengah keringnya pemahaman keagamaan yang melanda masyarakat saat ini?.
Pembahasan
Tanggal 1 Mei diperingati sebagai hari buruh internasional diberikan kesempatan kepada buruh untuk memperjuangkan hak-hak asasinya baik tentang kesejahteraan, jaminan kesehatan, jaminan hari tua, hak mendapatkan pelayanan pendidikan buat keluarganya dan hak mengekspresikan kebebasannya dalam berserikan dan menyampaikan pendapat di depan umum…buruh merupakan aset bangsa, buruh merupakan aset pengusaha. Sehingga hubungan buruh, negara dan pengusaha mempunyai relasi yang mutualisme simbiosisme. Sudah menjadi semestinya pengusaha memperlakukan buruh sebagai mitra yang sejajar dan saling membutuhkan. Bukan sebaliknya hubungannya saling menguasai bahkan seperti hubungan predator yang berusaha meniadakan…hubungan yang benar antara buruh dengan pengusaha akan menimbulkan harmonis dan keselarasan serta menjaga hubungan humanisme yang terjalin lebih baik, sebab pengusaha akan memanusiakan buruh dan memenuhi segala hak buruh sebagai manusia mulia yang harus diangkat harkat dan martabatnya dengan penghargaan hak-hak buruh dipenuhi secara manusiawi, dengan tanpa memberikan kerugian bagi pengusaha…keuntungan perusahaan dikembalikan kepada buruh untuk kesejahteraan, bukan hanya menekan buruh dan meningkatkan produksi dan keuntungan sebesar-besarnya dalam menjalankan usaha dan bisnisnya.
Inilah hubungan yang sangat mendasar dalam membangun perburuhan yang lebih manusia dan mencerahkan untuk semua umat manusia termasuk para pekerja. Dalam dunia usaha dan ketenagakerjaan, ada wadah Lembaga Kerjasama Tripartit (LKS Tripartit) yang terdiri-dari unsur pekerja, pengusaha, dan pemerintah. Mereka bisa saling sharing dan bermusyawarah dalam menyelesaikan setiap masalah, sehingga terjalin hubungan yang saling mengtuntungkan dalam bermuamalah-anta raadhin.
Jama’ah Jum’ah Tamu undangan Allah yang berbahagia
Pandangan Islam tentang perburuhan ada satu hadis shohih yang sangat terkenal dalam hubungannya dengan perburuhan yaitu
عَنْ اَبْنُ عُمَرَ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَاَلِهِ وَ سَلَّمَ: اَعْطَوُا الاَجِيْرَ أَجْرَهُ قَبْلَ اَنْ يَجِفَّ عَرَقَهُ. (رواه ابن ماجه)
Sahabat Ibnu Umar ra berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda: verikanlah ongkos karyawan (buruh) sebelum kering keringatnya”. (HR Ibnu Majah).
Perhatikan hak-hak buruh sebelum buruh menuntut apa yang menjadi hak dasarnya. Sangat mulia ajaran Islam membimbing manusia mencapai derjat yang mulia di mata manusia dan terhormat di mata Allah Swt….
Islam sangat menganjurkan dan mendorong umatnya untuk bekerja keras, menggunakan waktunya secara produktif sebagaimana sabda Rasulullah Muhammad Saw yang berbunyi:
عَنْ اَنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ قَالَ: “لَيْسَ بِخَيْرِكُمْ مَنْ تَرَكَ دُنيَاهُ لِاَخِرَتِهِ وَلاَ اخِرَتَهُ لِدُنيَاهُ حَتَى يُصِيْبَ مِنْهُمَا جَمِيْعًا, فَاِنَّ الدُنْيَا بَلَاغٌ اِلَى الاَخِرَةِ, وَلاَ تَكُونُوْا كَلًّا عَلَى النَّاسِ”.) رواه ابن عساكر(.
Dari Anas Ra bahwasannya Rasulullah saw bersabda: “Bukanlah yang lebih baik (di antara) kamu itu orang yang meninggalkan dunianya untuk akhiratnya dan bukan (pula) orang yang meninggalkan akhiratnya untuk dunianya, sehingga ia memperoleh kedua-duanya bersama-sama. Sebab sesungguhnya dunia itu menyampaikan ke akhirat; dan jangalah kamu menjadi beban atas manusia (HR Ibnu ‘Asakir).
Nabi memberi petunjuk untuk mencapai tujuan-tujuan duniawi dan ukhrawi itu, supaya kita memanfaatkan sebaik-baiknya lima macam kesempatan sebagai nikmat Allah yang dianugrahkan kepada kita, sebelum nikmat-nikmat itu hilang dari tangan kita. Lima macam nikmat itu adalah:
Jama’ah Jum’ah Tamu undangan Allah yang berbahagia
Hidup sebagai nikmat yang paling besar. Hendaklah dimanfaatkan untuk perbuatan-perbuatan danh usaha yang bermanfaat bagi kehidupan dunia dan akherat. Jangan sia-siakan hidup tanpa mengindahkan perintah dan larangan Allah Swt serta melakukan hal-hal yang merugikan kehidupan dunia dan akherat. Kesehatan sebelum datang sakit. Kesehatan digunakan untuk beramal dan berusaha. Sebab dalam keadaan sehat kita dapat melakukan semua itu dengan sebaik-baiknya. Waktu senggang sebelum datang kesibukan. Jangan habiskan waktu untuk hal-hal yang tidak berguna, tetapi produktif dan mendatangkan manfaat bagi diri, keluarga dan masyarakat luas. Masa muda sebelum datang hari tua. Masa muda masa paling indah dan cemerlang. Pada masa muda tenaga masih kuat, semangat masih tinggi, gairah hidup untuk beramal luar biasa. Maka masa muda harus bisa dimanfaatkan secara optimal untuk menjadi pribadi kita bermutu, berkarakter akhalakul karimah, jangan gunakan masa muda hanya memperturutkan hawa nafsu belaka. Produktifitas dan kreativitas serta kemauan belajar keras dan cerdas menjadi kunci kemajuan bangsa. Memanfaatkan hartanya untuk sesuatu yang mendatangkan manfaat bagi diri, keluarga dan masyarakat luas. Harta mempunyai fungsi sosial.
Jama’ah Jum’ah Tamu undangan Allah yang berbahagia
Maka dalam konteks sosial berkaitan dengan upaya untuk mengumpulkan harta dan melakukan mualamah, melakukankan dengan cara yang adil dan tidak merugikan pihak manapun, sebagaimana Allah Swt berfirman dalam surat An Nisa’ [4]: ayat 29
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَأْكُلُواْ أَمْوَالَكُمْ بَيْنَكُمْ بِالْبَاطِلِ إِلاَّ أَن تَكُونَ تِجَارَةً عَن تَرَاضٍ مِّنكُمْ وَلاَ تَقْتُلُواْ أَنفُسَكُمْ إِنَّ اللّهَ كَانَ بِكُمْ رَحِيماً -٢٩-
Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu saling memakan harta sesamamu dengan jalan yang batil (tidak benar), kecuali dalam perdagangan yang berlaku atas dasar suka sama suka di antara kamu. Dan janganlah kamu membunuh dirimu. Sungguh, Allah Maha Penyayang kepadamu.
الَّلهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ, وَالجُبْنِ, وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَ الْمَحْيَا وَ المَمَاتِ. رواه مسلم.
Ya Tuhanku, sesungguhnya aku berlindung kepada Engkau dari pada kelemahan, kemalasan, dan sifat penakut, dan aku berlindung kepada Engkau daripada azab kubur dan fitnah hidup dan mati (HR Muslim).
Akhirnya marilah kita memohon kepada Allah Swt sebagus-bagus kehidupan, seikhlas-ikhlas ibadah kepadaNya, dimudahkan dan dilapangkan dalam mencari rizki yang halal, disempurnakan akhlak budi pekertinya dalam kehidupan dan pergaulan masyarakat, diampuni dosa kedua orang tua kami, dosa para guru kami, dosa para pemimpin kami, dimudahkan dalam karya dan cipta, ditambah ilmu dan umurnya yang bermanfaat. Dijauhkan dari segala bentuk bala bencana dan wabah penyakit, kabulkanlah permohonan dan doa kami ya Allah ya robbal’alaimiin.
بَارَكَ اللهُ لِى وَلَكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ وَنَفَعَنِى وَاِيَاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلاَيَاتِ وَ الذِكْرِ اْلحِكِيمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّى وَمِنْ كُمْ تِلاَوَتَهُ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Khutbah Kedua

الحَمْدُ ِللهِ الَّذِى هَدَنَا لِهَدَى وَمَاكُنَّ لِنَهْتَدِىَ لَوْ اَنْ هَدَنَ اللهَ. لاَ حَوْلَ وَ لاَ قُوَّتَ اِلاَّ بِاللهِ الْعَلِىِّ اْلعَظِيْمِ. اَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلهَ اِلاَّ اللهِ وَاحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَ اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ, اَفْضَلِ الْخَلْقِ وَ الْمَخْلُوْقَاتِ. اَمَّابَعْد ُ.فَيَااَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوا اللهَ حَيْثُ مَاكُنْتَ وَاتْبِعُوا السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقُوا النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ. وَاعْلَمُوا أَنَّ اللهَ اَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَنَّا بِمَلاَئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ.قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْآنِ الْعَضِيْمِ: اِنَّ اللهَ وَ مَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِي يَا اَيُّهَا الْذِيْنَ اَمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَ سَلِّمُوا تَسْلِيْمًا. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَ سَلِّمُ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَ عَلَى آلِ مُحَمَّدٍ وَاجْعَلْنَا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ .حَمْدًا نَاعِمِيْنَ حَمْدًا يُّوَافِ نِعَامَهُ وَيُكَافِ مَزِيْدَ يَارَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَايَنْبَغِ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَضِيْمُ السُّلْطَانِ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ َاْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبُ مُجِيْبُ الدَّعْوَاتِ يَاقَضِيَ الْحَاجَاتِ. اَللَّهُمَّ اجْعَلْ هَذَا جَمْعًا مَغْفُوْرًا وَتَفَرُقَنَا بَعْدَ هَذَا تَفَرُقًا مَرْحُومًا. اَللَّهُمَّ اجْعَلْ يَوْمِنَا هَذَا أَوَّلُهُ صَلاَحًا وَأَوْسَطُهُ فَلاَحًا وَاَخِرُهُ نَجَاحًا بَاهِرًا بِرَحْمَتِكَ يَااَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. اَللَّهُمَّ اِنَّا نسئَلُكَ سلاَمةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلمِ وَبَرَكَةً فِى رِزْقِ وَتَوبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ المَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ المَوتِ. اَللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِى سَكَرَتِ المَوْتِ والنَّجَاةَ من النَّار والعَفْوَ عِنْدَ الحسَاب. رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَرُكُوْعَنَا وَسُجُوْدَنَا وَتَخَسُّوعَنَا وَجَمِيْعِ عِبَاذَتَنَا وَتَمِّمُ تَكْثِيْرَنَا يَاالله. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلآخِرَةَ حَسَنَةً وَقِنَا عَدَابَ النَّارِ.
عِبَادَ اللهِ اِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَائِيْتَائِىذِى الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَااذْكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمِ يَذْكُرُكُمْ وَاشْكُرُوهْ عَلَى نِعَمَهُ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهُ أَكْبَرُ.

Daftar Pustaka
http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=325684. Diakses, 1/5/2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s