ADVOKASI DAN DAKWAH DALAM BIDANG PELAYANAN HUKUM

ADVOKASI DAN DAKWAH DALAM BIDANG PELAYANAN HUKUM
Oleh Muhammad Julijanto

Dakwah dalam bidang hukum merupakan masalah yang urgen saat ini. Sebab masalah hukum sejak reformasi seperti cendawan di musim hujan. Muhammadiyah melihat bahwa jihad melalui konstitusi menjadi kebutuhan nasional yang mendesak di tenga sistem hukum yang tumpul ke atas dan tajam ke bawah, karena dampak yang lebih nyata pemberdayaan di tengah masyarakat luas. Padahal pertumbuhan dan perkembangan bidang hukum terus meningkat seiring dengan tingkat kemajuan dan perkembangan masyarakat, termasuk himpitan masalah ekonomi yang semakin memberatkan masyarakat mengakibatkan meningkatnya masalah hukum di tengah masyarakat

Sejak reformasi dibuka akses masyarakat dalam hukum semakin meningkat kasus-kasus hukum dari yang berat hingga yang ringan silih berganti bak jamur bertumbuhan di musim hujan. Seakan tidak ada berita yang menarik kecuali masalah hukum yang diberitakan, entah pelanggaran maupun masalah tindak pidana yang terjadi.

Selama ini ada kesan bahwa yang namanya dakwah adalah dalam bidang tabligh. Padahal lapangan dakwah adalah seluas kehidupan manusia. Dakwah di Muhammadiyah tidak hanya dalam pengertian sekedar menyampaikan materi seperti tabligh dengan ceramah maupun bentuk pemaparan materi ceramah. Tetapi dalam berbagai ragam bentuk dari yang ringan hingga dalam konsep kehidupan sosial masyarakat yang lebih luas. Dakwah adalah memperbaiki yang kurang baik menjadi sempurna kebaikannya dan memberikan dampak sosial yang lebih luas baik dalam aspek spiritual maupun keadilan sosial.
Filosofi alma’un memberikan inspirasi untuk melakukan dakwah dalam berbagai aneka kehidupan sosial yang lebih luas sepektrumnya sehingga masyarakat yang tersentuh dakwah merupakan obyek akan menjadi sasaran perbaikan umat. Dakwah juga mengajak masyarakat mencapai derajat spiritual dan sosial yang lebih baik. Dakwah dalam bidang kesehatan maka dengan mendirikan rumah sakit sebagai media dakwah yang baik dengan menyehatkan masyarakat dan memberikan sentuhan nilai-nilai rohaniah masyarakat. Dakwah dalam bidang pendidikan mendirikan sekolah memberikan mutu kualitas pendidikan yang mencerahkan dan mensejahterakan masyarakat, sehingga dengan pengetahuan dan ilmunya peserta didik bisa menjadi manusia mandiri yang memberikan manfaat bagi dirinya dan lingkungannya.

Sedangkan dalam bidang hukum bila melihat data yang masuk ke Majelis Hukum dan HAM Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Tengah akan tergambar bahwa medan dakwah dalam bidang hukum menjadi signifikan untuk dilakukan pemberdayaan dan pengembangannya sehingga pelayanan hukum bagi masyarakat melalui dakwah dalam bidang hukum bisa berjalan dengan baik. Rata-rata kasus yang masuk 150 kasus setiap tahunnya masyarakat berhadapan hukum, baik yang non litigasi maupun litigasi sampai pada proses hukum di peradilan dan rata-rata adalah masyarakat menengah ke bawah yang sangat membutuhkan bantuan hukum dari Majelis Hukum dan HAM PWA Jawa Tengah. Kasus kekerasan berbasis gender dan anak dari tahun ke tahun mengalami peningkatan setidaknya dapat dilihat dari dari data PTPAS (Pelayanan Terpadu Perempuan dan Anak Kota Surakarta) ada 160 kasus Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak (KtPA) pada tahun 2006, terdiri dari 125 kasus kekerasan terhadap perempuan dan 35 kasus kekerasan anak, dalam bentuk kekerasan fisik, psikis, seksual, dan penelantaran.

Berbeda dengan dakwah bil lisan atau tabligh dalam penyelesaian masalah hukum pendekatan dengan berbagai metode dilakukan termasuk strategi penanganan kasus, agar korban maupun pelaku, tersangka maupun korban, penggugat maupun tergugat bisa menyadari bahwa peran ajaran agama sangat penting untuk dipegangi sebagai panduan kehidupan yang lebih baik.

Advokasi Hukum
Beberapa pendekatan dan kegiatan yang dilakukan dalam rangka pelayanan dalam bidang hukum merupakan berbagai kegiatan yang diamanahkan sebagaimana tercantum dalam TANFIDZ Muhammadiyah. Pelaksanaan kegiatan yang dilakukan meski terbatas namun telah menghabiskan perhatian dan curahan pemikiran, mengingat kegiatan advokasi merupakan kegiatan pendampingan yang harus terus menerus berkesinambungan baik melului tahapan investigasi, pendampingan baik litigasi maupun non litigasi serta pemberian kecakapan hidup (life skill). Pemberian keterampilan (life skill) tersebut diharapkan akan mampu memberikan kontribusi kepada diri masing-masing peserta dan dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan keluarga pada umumnya. Juga diharapkan dapat menyalurkan ilmu tersebut di lingkungan masyarakat.

Advokasi adalah pendampingan atau pembelaan hak untuk memperjuangkan berbagai kepentingan yang bertujuan mencapai keadilan sosial dan hukum, termasuk proses untuk mempengaruhi dan mengubah satu kebijakan publik agar lebih berpihak kepada masyarakat.

Selain dalam bentuk kegiatan pendampingan hukum bentuk pelayanan yang penting dilakukan dalam bidang hubungan organisasi, berbagai mitra kerja telah dicoba laksanakan seperti menjaga hubungan dengan Badan Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana Propinsi Jawa Tengah, Perlindungan perempuan dan Anak (PTPAS) Kota Surakarta dari tahun 2003 sampai dengan sekarang, Disamping itu terlibat masuk menjadi Tim Perumus Raperda Perlindungan perempuan dan anak kota Surakarta, menjalin komunikasi dengan Radio Republik Indonesia Surakarta untuk memberikan pemahman kepada masyarakat penyelesaian masalah hukum khususnya perlindungan perempuan dan anak yang berhadapan dengan hukum dan MQ FM dengan sering dimintai tanggapan dan mengisi siaran ON Air maupun Off Air melalui media radio dan lain-lain.

Di tingkat Pimpinan Pusat Muhammadiyah upaya perjuangan hukum juga dilakukan seperti gugatan ke Mahkamah Konstitusi tentang UU Migas yang mempunyai dampak luar bisa menjadi sasaran dakwah dalam bidang hukum. Belakangan juga PP mengajukan gugatan ke MK tentang tata kelola air dan berbagai masalah yang biasa dalam kehidupan sosial kemasyarakat yang mempunyai masalah hukum.

Oleh karena itu kerja keras masih harus senantiasa diupayakan agar profesionalisme dalam memberikan layanan sekaligus advokasi kebijakan dapat terlaksana, sekalipun dengan minimnya anggaran upaya melakukan berbagai kegiatan dan layanan hukum terus diupayakan dan bukan menjadi hambatan dakwah yang signifikan yang pada prinsipnya penegakan hukum dan kehidupan sosial bisa berjalan dengan baik dan rasa keadilan masyarakat bisa tercapai, sehingga visi, misi dan gerakan amal usaha Muhammadiyah bisa berjalan mewujudkan masyarakat adil sejahtera dan bagahagia dunia dan akherat bisa terwujud.

Perlu kita renungkan apa yang pernah ditulis Moeslim Abddurrahman (2003: 10) seorang muslim tidak mungkin sampai ke taraf keimanan yang sejati sebelum ia mengalami pergulatan dengan dirinya sendiri dan dengan lingkungan sosial sekitarnya. Dalam proses seperti itu kemampuan untuk membebaskan strukturnya sangat diperlukan, agar ia dapat berprilaku sesuai dengan dasar-dasar moralitas agama yang otentik, bukan sebaliknya berperilaku dengan hanya menuruti peranan sosiologisnya atau status yang disandangnya dalam masyarakat. Semoga sistem hukum kita semakin baik dan implementasinya memenuhi rasa keadilan. Wallahu a’lam bishawab.

Muhammad Julijanto, S. Ag., M. Ag adalah Tim Advokasi Majelis Hukum dan HAM PWA Jateng, Dosen Fakultas Syariah IAIN Surakarta.

One thought on “ADVOKASI DAN DAKWAH DALAM BIDANG PELAYANAN HUKUM

  1. Muhammad Hanana Ramadahan mengatakan:

    dakwah dalam bidang hukum menjadi kebutuhan yang signifikan di tengah masalah sosial dan hukum meroket sangat kencang…seakan penjara sudah penuh dengan para mafioso kriminal. sudah mulai dipikirkan bagaimana mencegah dan mengurangi naiknya tindak kriminal di tengah masyarakat. apa yang harus dilakukan stakeholders bangsa ini agar dinamika hukum berjalan pada realnya secara baik…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s